Pengertian Teks Isu, Ciri-Ciri, Faktor, Struktur, Ragam, dan Seumpama

Wiki Article




Teks kabar ialah laporan berisi isu yang aktual, terbaru, dan menurut fakta. Dalam teks Kabar juga berisi info yang penting, layak atau mau diketahui oleh masyarakat awam.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berita mempunyai arti cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwan yang hangat. Jadi, bisa disimpulkan, berita ialah teks berisi info yang baru atau sedang terjadi.

Berdasarkan sistem penyampaiannya, info dibagi menjadi dua macam, adalah isu dikenalkan secara verbal dan secara tertulis (artikel).

Penyampaian kabar secara verbal acap kali kita dengar dan lihat di layar kaca. Sementara, isu yang disampaikan secara artikel banyak ditemui di media cetak atau online.

Dalam menyusun teks info diperlukan keterampilan serta pembatasan dasar penulisan agar pesan yang mau dipersembahkan bisa dimengerti serta tersampaikan dengan bagus pada masyarakat.

Selain itu, penting juga diketahui ciri-ciri teks berita, elemen, struktur, kaidah kebahasaan sampai umpamanya supaya lebih mengerti.

Berikut ini ringkasan seputar pengertian teks info, ciri-ciri, unsur, struktur sampai contohnya, seperti diberitakan dari laman Serupa.id dan Gurupendidikan, Rabu (24/3/2021).

Pengertian Info Menurut Ahli


Mickhel V. Charniey

Info yakni laporan tercepat dari suatu momen atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi beberapa pembaca serta menyangkut kepentingan mereka.

Willard C. Bleyer

Informasi yaitu sesuatau yang terbaru (baru) yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat info sehingga menarik minat bagi pembaca.

Wiliam S. maulsby

Info adalah suatu penuturan secara benar dan tak memihak dari fakta. Berita mesti punya arti penting dan baru terjadi, yang bisa menarik perhatian pembaca surat info yang memuat hal tersebut.

Eric C. Hepwood

Info merupakan laporan pertama dari kejadian penting dan bisa menarik perhatian umum.

Ciri-Ciri Teks Informasi

Faktual
Berarti suatu kejadian yang bersifat kongkret, benar-benar terjadi dan dapat dinikmati serta dibuktikan kebenarannya.

Aktual
Berarti kejadian yang bersifat baru, terkini, dan sedang menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat biasa.

Unik dan menarik
Unik berarti tiap-tiap wartawan atau portal penyedia info memiliki editorial, redaksi, hingga diksi yang khas. Menarik berarti kabar memperkenalkan fakta aktual yang diharapkan oleh masyarakat atau menimbulkan rasa berharap tahu dan atensi dari masyrakat untuk membacanya.

Berakibat bagi masyarakat luas
Teks berita semestinya memberikan pengaruh bagi kepentingan orang banyak.

Objektif
Kabar yang dikenalkan benar-benar menurut fakta tanpa rekayasa atau diberi pengaruh oleh pandangan atau pendapat pribadi pelapornya.

Terdapat waktu dan tempat kornologi kejadian
Kabar biasanya dilengkapi dengan runtutan waktu atau kronologi kapan terjadinya suatu momen.

Bahasa baku, sederhana, dan komunikatif
Pada biasanya kabar berisi artikel yang menerapkan bahasa baku layak PUEBI, sederhana, melainkan tetap menarik dan tak membingungkan saat dibaca (mudah untuk dikomunikasikan).

Faktor-Elemen Teks Info

What (Apa)
Nama atau identitas dari suatu kejadian atau peristiwa yang baru atau sedang terjadi. Apakah menyangkut hidup seseorang atau kejadian tanah longsor? banjir? kerusuhan? apa yang diinformasikan.

Who (Siapa)
Siapa saja yang terlibat dalam suatu kejadian atau peristiwa? atau siapa tokoh utama yang menjadi sorotan isu?

Where (Di mana)
Faktor ini menyatakan lokasi atau daerah tempat terjadinya momen. Di mana kejadian itu di mana? dalam kezaliman istilahnya lazim disebut dengan TKP atau tempat kejadian perkara.

When (Kapan)
Elemen yang adalah waktu dari suatu kejadian atau peristiwa yang dilaporkan. Bisa meliputi tanggal, hari, jam, menit, atau lazim, seperti pagi, siang, dan petang.

Why (Mengapa)
Alasan kenapa peristiwa atau kejadian yang dilaporkan bisa terjadi. Elemen ini juga meliputi untuk mengetahui secara mendetail penyebab dari suatu peristiwa yang have a peek at this web-site sudah terjadi.

How (Bagaimana)
Bagaimana kondisi atau proses terjadinya suatu kejadian atau momen, termasuk pengaruh yang dimunculkan atau justru yang diinginkan dari momen hal yang demikian seandainya peristiwa ialah acara yang sengaja diciptakan (konser amal, pentas seni, dan sebagainya).

Struktur Berita

Kepala Kabar (Lead)

Ialah bagian yang dianggap paling penting dari berita. Pada bagian terhadap kabar sepatutnya berisi elemen-unsur utama berita menurut 5W1H yang meliputi apa, siapa, di mana atau kapan.

Badan Info

Badan isu lazimnya berisi 'bagaimana' atau 'kenapa'. Deskripsi, narasi, atau penjelasan mendetail dari bagaimana dan kenapa peristiwa dan kejadian.

Bagian Ekor

Bagian ini umumnya tak memiliki kaitan secara segera kepada berita. Bisa berisi konteks tambahan seperti sejarah sebelum kejadian yang dilaporkan terjadi, dan sebagainya.

Macam-Macam Info

Tipe-tipe kabar yang diketahui dalam dunia jurnalistik antara lain sebagai berikut:

Straight News (info langsung)
Straight News yaitu ragam info apa adanya, ditulis secara singkat, seketika, dan lugas. Beberapa besar halaman depan surat info atau yang menjadi info utama (headline) umumnya merupakan isu ragam ini.

Depth News (informasi mendalam)
Depth News yakni tipe kabar yang dikembangkan dengan pendalaman mengenai hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan (dikupas secara mendalam).

Investigation News (kabar investigasi)
Investigation News adalah jenis isu yang dikembangkan berdasarkan penelusuran dan penelitian dari berbagai sumber yang dapat menjadi sumber kabar.

Interpretative News (isu interpretatif)
Interpretative News yaitu kabar yang dikembangkan melewati anggapan atau penilaian dari wartawan yang melaporkan, melainkan tetap menurut fakta yang ditemukan.

Opinion News (informasi opini)
Opinion News ialah macam informasi mengenai pendapat seseorang, lazimnya anggapan para pakar, pejabat, cendekiawan mengenai suatu hal, peristiwa, situasi keilmuan, dan sebagainya.

Kaidah Kebahasaan Teks Informasi

Verba transitif
Yaitu verba yang dapat diubah kebentuk pasif.

Verba pewarta
Verba pewarta ialah verba yang mengindikasikan suatu percakapan.

Adverbia atau kata keterangan
Kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain.

Konjungsi temporal
Ialah kata hubung yang berkaitan dengan waktu. Umpamanya: sesudah, kemudian, dan akibatnya.

Kalimat langsung
Yakni hasil kutipan langsung dari pembicaraan seseorang (sumber wawancara) yang sama persis dengan apa yang dikatakannya.

Kalimat tidak langsung
Kalimat yang melaporkan atau memberitahukan perkataan orang lain dalam wujud kalimat tidak lantas, biasanya untuk mengungkapkan rinci isu.

Figur Teks Informasi

Keputusan pemerintah dalam pengesahan Undang-Undang Cipta Pengesahan menuai kontroversi. Bahkan yang tiba-tiba dilakukan membikin serikat buruh dan mahasiswa mengerjakan demo besar-besaran di bermacam kota. Terhitung aksi demo kembali di gelar oleh buruh dan mahasiswa pada Senin (12/10).

Aksi penolakan terhadap Omnibus Law Cipta Pengesahan itu telah berlangsung selama sebagian hari. Dari tanggal 6 sampai 8 Oktober terus diawali. Malah gelombang unjuk rasa tidak pernah padam di bermacam-macam daerah dan kota besar di Indonesia.

kota yang melaksanakan demo besar-besaran, antara lain DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Ambon, dan masih banyak lagi. Bahkan demo di Semarang mendapatkan tanggapan lantas dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar mengaku mengerti aspirasi rakyat, meskipun begitu ia belum bisa bertindak mengingat draf final dari RUU Cipta Peresmian masih belum diperoleh.

Report this wiki page